Minggu, 27 November 2011

Cerita lintang hari ini

Hari Minggu ini sedang jaga ponakanku Lintang (4,5 tahun). Ayah bundanya kebetulan hari Minggu berangkat kerja. Dia habis nangis karena 4 boneka Shaun the Sheepnya hilang. Tepatnya 'sempat' hilang, namun akhirnya ketemu. Tadi ia main bola sama teman-temannya di depan rumah. Aku sedang di lantai 2, kadang bolak-balik turun nengok dia. Tiba-tiba dia naik di depan pintu kmarku dengan bibir memble, katanya semua boneka dibawa teman-temannya main bola. Dimana? Dia nggak tahu dan lupa nama teman-temannya. Lalu, aku keluar rumah, coba cari ke sana sini. Nggak ada yang tahu. Tanya ke tetangga sebelah, karena di situ juga ada anak usia 6 tahun, siapa tahu ingat nama-nama temannya. Eh, orang tuanya malah bilang, "jangan jawab, ntar malah salah sebut nama." Akhirnya kucari sana sini lagi dan nggak ketemu. Aku naik ke atas mau telepon ponakanku Dion (12 tahun) karena tadi dia sempat main bola juga. Belum sempat telepon, ponakanku Lintang malah bobo di kamar. Aku yang rencana mau pergi mencari boneka itu mengurungkan nunggu Lintang bangun, karena kalau ditinggal dan terbangun pasti nangis. Tapi Lintang terbangun, aku bilang, ayo cari ke rumah mas Ion, siapa tahu dia tahu boneka itu dibawa siapa. Lintang mau bangun.

Saat mau meninggalkan rumah, Ion dan Ihsan di depan rumah mengantar boneka. Syukurlah. tapi serius aku panik, karena Itang nangis dan sedihnya tidak biasa. Dia memang suka banget boneka-boneka itu. Lalu, kubuatin dia susu dan kuambilkan snack cracker abon 4, semua dilalap habis. Tiba-tiba kok tubuhnya panas. Aku bolak balik pegang dahi dan lehernya, panas. Aku cari temperatur untuk memastikan, suhunya 38,3 derajat celcius, suhu ruangan 32. Aku segera googling suhu normal manusia. Pada anak-anak di bawah 12 tahun, suhu tubuh pada malam hari akan berkisar 37,4 derajat celcius. Tetap dianggap normal sepanjang masih berkisar di 36 sampai 38 celcius. Tubuh menunjukkan suhu paling rendah pada pagi hari dan paling tinggi senja hingga malam. Perbedaan suhu terendah ke tertinggi bisa mencapai 1,5 derajat celcius.

Itu artinya suhu tubuh Lintang memang sedikit agak tinggi. Tapi nggak jauh dari ambang normal. Kelebihan 0,3 derajat celcius. Sekarang dia sedang bobo. Semoga bangun tidur nanti, suhunya kembali normal. :-)





Tidak ada komentar:

Posting Komentar